JEMBATAN KAYU CIMANUK DESA PENGANJANG – KELURAHAN PAOMAN KINI PUNYA NAMA ” JEMBATAN KI JAKA BAJUL “

DENGGOL Bicara Siapa Dia:Kelancaran Jembatan Trans Ekonomi Rakyat

SORANA.CO.ID-INDRAMAYU JAWA BARAT:Semangat warga Desa Penganjang Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Jawa Barat,gelar acara do’a tahlil bersama di pimpin oleh Kurdi, Imam Mushola Ar-Rais Desa Penganjang Indramayu, Kamis malam Jum’at ba’da Isya (16/5/ 2024) di Jemabatan Ki Jaka Bajul.

Kondisi Jembatan Kayu Cimanuk yang sebelumnya jembatan rusak berat telah kelar diperbaiki warga dari hasil swadaya  murni, bentuk syukuran warga kirim do’a untuk leluhur diantara Ki Jaka Tarub/Buyut Penganjang, Buyut Jaka Mukhamad Penganjang,  Buyut Ki Geden Paoman, Buyut Syech Abdul Manan Paoman, Buyut Ki Brata, Buyut Ki Jaka Bajul Jatisawit, buyut Nyi Brata, Nyi Endang Darma, selanjutnya.

Sehabis tahlil,  semua warga  telah sepakat, menyetujui mengesahkan Jembatan Kayu Cimanuk Desa Penganjang Kecamatan Sindang yang melintasi Sungai Cimanuk Ke Kelurahan Paoman Kecamatan Kota Indramayu Kabupaten Indramayu di beri Nama ” Jembatan Ki Jaka Bajul ” oleh Sekretaris Kelurahan  Paoman Tariman SE warga Desa Penganjang Indramayu.

Sebelumya nama itu hasil dari membaca cerita Legenda Ki Jaka Bajul , Jatisawit. Kemungkinan  di Sungai Cimanuklah alamnya yang  diyakini banyak orang masih ada,.

Ki Jaka Bajul sebenarnya diceritakan seekor buaya yang bisa menjelma jadi seorang jejaka yang di cintai oleh Katijah anak kuwu Sardana Jatisawit sampai menjadi seorang suami istri dan membawa jodohnya ke alamnya.

Sedangkan  Jaka Bajul di urus oleh pasangan suami istri Ki Kamal dan Nyi Santi, begitulah cerita legenda yang banyak diceritakan sebelumnya, masih keramat sampai saat ini karena pesannya akan melindungi dan menjaga warga di sekitar Sungai Cimanuk.

Sampai luasnya dari marabahaya ataupun huru hara bencana yang ditimbulkan baik oleh alam dan yang lainnya diceritanya begitu, di akhir do’a Tahlil, Tariman,SE juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir karena pada inti pentingnya juga semoga diberinya keselamatan kepada pengguna jembatam yang melintasi sampai pada tujuannya masing-masing.harapnya.(sorana.co.id//ras/@Tariman SE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here